Omega Rilis Speedmaster “First Omega In Space” (FOiS) Anniversary Edition

Omega Rilis Speedmaster “First Omega In Space” (FOiS) Anniversary Edition

Tahun ini, Omega menghadirkan kembali salah satu jam tangan chronograph ikonisnya yaitu Speedmaster First Omega in Space (FOiS). Untuk merayakan  ulang tahun  ke-62 jam tangan pertama Omega yang terbang ke luar angkasa pada tahun 1962 lalu, Omega mendesain kembali Speedmaster FOiS Anniversary Series menjadi lebih modern namun tidak menghilangkan unsur  vintage -nya. Penasaran dengan detail desain dan spesifikasinya? Yuk, intip bocorannya berikut ini!

Sejarah Jam Tangan Pertama Omega di Luar Angkasa 

Speedmaster mulai terkenal pada tahun 1969, saat jam tangan ini pertama kali mendarat di bulan sebagai bagian dari misi Apollo 11. Namun, sebelum memenuhi syarat penerbangan oleh NASA, perjalanan ke luar angkasa Speedmaster dibentuk secara bertahap.

Pada tanggal 3 Oktober 1962, dalam misi Mercury Atlas 8, seorang astronot bernama Walter “Wally” Schirra mengenakan Speedmaster generasi kedua yaitu CK2998-4. Perjalanan ke luar angkasa ini membuat Schirra mengorbit bumi sebanyak 6 kali dan menjadikan Speedmaster sebagai bagian penting dari perlengkapan di ruang angkasa.

Lalu pada tahun 2012, Omega sempat merilis Speedmaster First Omega in Space edisi khusus dan menghentikan produksi pada tahun 2021. Kemudian pada tahun 2024, untuk merayakan  hari jadi  ke-62 Speedmaster First Omega in Space, Omega kembali menghadirkan jam tangan ini menjadi lebih modern namun tetap diberikan sentuhan  vintage .

Lihat Desain Speedmaster FOiS Anniversary Series

Speedmaster FOiS Anniversary Series memiliki  case stainless steel  berdimensi 39,7 mm, ketebalan 19 mm, dan  lug-to-lug  48 mm.  Case  ini juga sudah tahan air hingga 50 meter. Lalu dilengkapi  titanium insert bezel  berwarna hitam dengan skala  tachymeter  berlambang “Dot Over Ninety” (DON) yang legendaris.

Mengikuti pionernya, bagian  dial  dibuat dengan paduan warna abu-abu dan biru berlapis CVD dengan  sunray brushed finish.  Begitupun bagian indeks dan jarum jamnya dibuat bergaya Alpha yang dilapisi Super-LumiNova  vintage , yaitu Fauxtina.

Adapun tiga  subdial  yang memiliki fungsi masing-masing, yaitu  chronograph  30 menit pada posisi pukul 3, indikator 12 jam pada posisi pukul 6, dan  tampilan detik kecil  pada posisi pukul 9. Menariknya, terdapat logo Omega (Ω), tulisan Omega, dan Speedmaster menggunakan  font  yang juga digunakan pada versi  vintage -nya. Kemudian seluruh bagian  dial  ini dilindungi oleh  kristal safir berkubah.

Tersedia dalam 3 pilihan tali

Omega Speedmaster FOiS Anniversary Series terdiri dari tiga varian  strap  yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Pertama adalah  gelang stainless steel  (310.30.40.50.06.001) dengan  finishing brushed , lalu  calfskin leather  berwarna hitam dengan  pin buckle  (310.32.40.50.06.001), dan  calfskin leather  berwarna coklat (310.32.40.50.06.002).

Mesin Omega Speedmaster FOiS Anniversary Series

Jam tangan ini dibekali oleh  in-house manual turning chronograph  Calibre 3861 yang memiliki  co-axial escapement.  Movement  ini dapat berdetak sebanyak 21.600 bph, memiliki 26  Jewels , dan cadangan daya hingga 50 jam. Selain itu,  pergerakan  ini juga memiliki akurasi standar Master Chronometer (METAS) yaitu 0/+5 detik per hari dan ketahanan medan magnet hingga 15.000 gauss.

Jam tangan ini dibekali  solid screw down caseback  dengan ukiran bertuliskan ‘THE FIRST OMEGA IN SPACE’ pada bagian atas  caseback , ‘OCTOBER 3, 1962’, serta gambar kuda laut di bagian tengahnya.

shiowla

shiowla

https://newhavenfreeskool.org/

shiowla

shiowla

https://spylockout.org/

shiowla

https://swissukraine.org/

shiowla

shiowla

https://tigapilarmahameru.com/

rokokslot

rokokslot

rokokslot

rokokslot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *